Selasa, 19 Januari 2010

I LOVE TO BAKE...

Tepung terigu 100 gr
Mentega 150 gr
Gula 100 gr
Telur 4 butir…
Coklat blok…mmm....

Aku lupa apa lagi yang menjadi sajian dasar brownies panggang, delapan tahun yang lalu, dengan santainya aku memasukkan semua racikan itu dan abracadabra, jadilah brownies panggang yang menggoyang lidah. Maklumlah 8 tahun yang lalu brownies tidak sepopuler sekarang.



Lama sekali …8 tahun yang lalu, enatahlah dari mana hasrat memasak itu muncul, sampai-sampai aku berfikir, kenapa aku dulu tidak kuliah di jurusan tata boga saja?, aku rela mengahabiskan waktuku seharian dengan mencoba 4 resep brownies dengan resep yang berbeda, dan hasilnya juga tidak terlalu mengecewakan bagi perut teman-temanku. Setidaknya tidak ada korban yang harus dibawa ke UGD setelah memakan potongan browniesku :p. Tidak cukup dengn brownies, pastry pun ku coba, kue pie, kue kering dan lain sebagainya cake ini dan itu, dan semua layak makan dengan hasil yang memuaskan ketika aku membuatnya utnuk yang kedua kali.
Hari ini, tiba-tiba aku merindukan masa kejayaan itu…masa ketika aku rela menghabiskan waktuku seharian hanya untuk satu resep kue, masa dimana aku harus tetap terjaga demi menunggu kue yang kubuat masak dengan sempurna .
Banyak yang bertanya kenapa aku harus mau repot melakukan itu semua?? Aku tidak bisa menjawab… Kan capek kalau habis masak? … memang sih..tapi worthed… kalau nggak jadi kan kecewa?..mmm nggak juga, malahan aku tidak sabar menunggu hari esok untuk mencobanya lagi (asal mama nggak teriak-teriak aja kehabisan telur :p).Semua hanya bisa kujawab dengan Karena aku suka… dan karena aku rela… itu saja. suatu saat ingin sekali tidak sekedar suka dan tidak sekadar rela...tapi menghasilkan hehehehe...(mendadak mata berubah warna jadi ijo).kapan ya???? sooon ^_^

oya bisa dicoba nih.. resep percobaan cake jelly yang segar :...maap nggak ada fotonya terakhir aku membuatnya 5 tahun yang lalu, resep dasar sponge cake plus jelly rasa buah...hmmm segeeeer abisssss ^_^

Resep Sponge Cake :
4 butir telur (pisahkan yang kuning dan yang putih)
1/2 sdt garam
100 gram gula pasir
1 sdt vanili
90 gram tepung terigu

kocok 4 butir telur dan garam sampai kaku, kocok kuning telur dan gula sampai warnanya pucat dan tambahkan vanili, campur adonan putih telur dan kuning telur aduk rata kemudian masukkan tepung terigu dan aduk hingga rata, panggang dalam oven selama 35 menit suhu 160-170 derajat, angkat.

Jelly :
Jelly instant rasa melon (sesuai selera) + gula (sesuai selera) masak hingga matang.

buat lubang kecil-kecil di sponge cake menggunakan sumpit secara merata, tuangkan adonan jelly ke sponge cake perlahan-lahan sampai habis, masukkan ke dalam lemari es hingga adonan jelly dalam sponge cake mengeras, lapisi bagian luar kue dengan butter cream/cream kocok. gampang kan...selamat mencoba

2 komentar:

  1. aku inget, pas aku minggat ke rumahmu, dikasi brownies coklat rasa coklat pol. kebanyakan coklat kayaknya, tapi yo tambah enak. kayak makan coklat!!!
    bikino lagi.....

    BalasHapus