Kamis, 06 Desember 2012

GULAI NANGKA MUDA DAN DADAR JAGUNG

menu ini dibuat tanggal 30 november 2012,

Seperti biasa, aku memulai langkahku di Pasar Pagesangan Surabaya, sudah ada beberapa langganan tempat berbelanja disana, aku harus berbelanja setiap hari dan itu kulakukan pagi hari, karena kami belum memiliki alat canggih yang dinamakan KULKAS, suamiku masih belum menyetujui proposal yang aku ajukan untuk pembelian benda yang sangat bermanfaat ini, bukan masalah dana, tapi masalah ruangan tempat tinggal kami yang masih nge-kost, disamping itu faktor keamanan juga, karena "colokan" untuk listriknya hanya disediakan satu, itupun sudah kita gunakan untuk televisi, dispenser, 2 kipas angin, magic jar dan kawan-kawannya. Bisa jadi berbahaya kalau kami harus menambahkan satu item elektronik lagi. oke kita sudahi CURCOL nya yang dibutuhkan untuk menu hari ini adalah :

GULAI NANGKA MUDA

  • Nangka muda yang sudah dipotongi di pasar harganya 2000 rupiah/plastic bonus daun salam di dalamnya
  • Air kelapa Muda seplastik 1000 rupiah
Cuci bersih nangka mudanya, dan rebus dengan air kelapa muda dan salam sampai mendidih menggunakan api kecil selama 1 Jam. Jangan menggunakan api yang terlalu besar, air kelapa akan cepat menyusut. Setelah satu jam nangka muda akan berwarna kecoklatan dan aromanya hmmmm haruuumm seperti pisang rebus, tiriskan nangka mudanya. Oh iya aku juga menambahkan kacang merah yang sudah aku rendam dengan air selama 6 jam, ini akan membuat kacang merah tersebut empuk ketika diolah.
Bumbu halus yang harus disiapkan adalah:
  • 6 siung bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 2, 5 cm kunyit (sangrai)
  • 3 butir kemiri (sangrai)
  • 1 st ketumbar (sangrai)

Fungsi menyangrai bumbu-bumbu diatas adalah menimbulkan aroma dan rasa yang lebih CETARRR -kata syahrini- hihi.
Blender jadi satu semua bumbu dan tambahkan minyak goreng kurang lebih 3 sendok makan ketika memblender supaya hasil blenderannya halus. Minyak ini juga bisa digunakan untuk menumis, jadi waktu menumis tidak perlu lagi menggunakan minyak. Tumis bumubu halus sampai harum.
Siapkan air kurang lebih 4-5 gelas belimbing didihkan bersama dengan rendaman kacang merah yang sudah ditiriskan, biarkan selama kurang lebih 5 menit ketika mendidih agar kacang merahnya empuk. Ingat selalu gunakan api kecil ketika air sudah mendidih. Setelah 5 menit Masukkan nangka muda, santan bubuk 1 sachet yang harganya 1500an dan tumisan bumbu halus, aduk rata. Masukkan 2 st garam dan 2 st gula. Biarkan sampai mendidih. Hidangkan


DADAR JAGUNG


2 Jagung manis disisir
1 butir telur kocok lepas
4 lembar daun jeruk purut
3 bawang prei, potong/rajang
5 siung kecil bawang merah   
1 siung besar bawang putih
3 st garam
½ st merica
3 sendok makan (SM) tepung terigu.


Blender bawang merah putih  dan daun jeruk sampai halus, pancing dengan 3 sm jagung yang sudah di sisir agar hasil blenderan lebih halus.
Hancurkan jagung manis, tidak perlu terlalu halus kalau terlalu halus akan banyak menyerap minyak ketika di goreng.
Campur, tepung terigu, garam gula, merica, bawang prei, bumbu halus dan jagung, goreng menggunakan minyak panas,   hidangkan. Kira-kira jadi 12 biji.

2 komentar: