Minggu, 24 Januari 2010

UP

Seperti layaknya pada film kartun pada umumnya banyak yang tidak realistis di film ini, tetapi pesan moral di film ini sangat dalam, dan bagus untuk orang-orang yang pernah memiliki masa lalu yang indah dan tidak ingin melepaskan masa lalunya.
Diawali dengan pertemuan Carl dan Eli (anak kecil) yang suka dengan petualangan. Karakter kedua anak kecil ini sangat belawanan, eli anak perempuan yang sangat cerewet, ceria dan pemberani, sedangkan Carl ini sangat pendiam dan penakut. Eli sangat senang berteman dengan Carl.


Akhirnya mereka menikah. Sayang sekali pernikahan mereka tidak dikaruniai anak dan sampai usia senja mereka berdua masih suka menghabiskan waktu bersama seperti ketika mereka masih muda. Suatu saat Eli sakit dan meninggal dunia, tinggallah si Carl ini sendirian.


Sepeninggalan Eli, Carl menjadi seorang yang pemarah. Sampai suatu saat dia dipertemukan dengan Russel, anak kecil yang berambisi ingin melengkapi medali pramukanya agar dia bisa dikatakan seorang petualang sejati. Tinggal satu medali saja, dan akan di dapatkannya kalau dia berhasil menolong orang tua. Dari sinilah petualangan Russel dan Carl di mulai.

Carl berhasil menerbangkan rumahnya dengan puluhan ribu balon untuk mewujudkan mimpi Eli yaitu meletakkan rumah impiannya tepat disamping air terjun seperti impian Eli ketika masih hidup. Ternyata tanpa sengaja Russel berada di teras rumah Carl dan ikut dalam petualangan Carl.

Petualangan yang cukup seru bagi mereka berdua. Banyak sekali rintangan yang harus dihadapi oleh Carl untuk mencapai sisi air terjun, mulai dari Carl yang harus memenuhi keinginan Russel untuk memelihara “Kevin” Burung langka yang tanpa sengaja juga mengikuti Russel. Ternyata Kevin juga di incar oleh pemburu yang terobsesi untuk mengkoleksi burung langka jenis “Kevin”. Carl sudah berjanji kepada Russel untuk menjaga Kevin dan mengantarkan Kevin kembali ke sarangnya. Petualangan menjadi semakin seru karena di tengah perjalanan Rumah yang dibawa oleh Carl akan dibakar oleh pemburu itu dan Carl memilih untuk menyelamatkan rumahnya ketimbang menyelamatkan Kevin. Russel pun kecewa karena Carl telah mengingkari janjinya untuk menjaga Kevin. Carl pun kesal dengan sikap Russel yang membuatnya terhambat meletakkan rumah disamping air terjun seperti impian Eli.


Ketika Carl kesal, dia membuka buku harian petualangan Eli. Buku itu lengkap berisi foto-foto petualangan Eli sejak kecil dan impian petualangannya yang belum tercapai, di halaman tertentu buku harian tersebut terdapat tulisan “THINGS I HAVE TO DO”, Carl berfikir bahwa isinya adalah rencana petualangan Eli. Di luar dugaan ternyata isi halamannya adalah Foto-foto kenangan mereka berdua mulai dari foto pernikahan sampai foto sebelum Eli meninggal , dan dihalaman terakhir terdapat tulisan “THANKS FOR THE ADVENTURE, NOW GO HAVE A NEW ONE!!”. Dari tulisan ini Carl kembali bersemangat dan tidak menyia-nyiakan waktunya hanya untuk mengenang Eli, tetapi memilih untuk mempunyai petualangan baru dengan Russel.
Pesan Moral dari film ini adalah, Masa lalu memang sangat indah tetapi selalu ada petualangan baru dan cerita baru dihadapan kita. Life must Go on…SO, buat yang sedang tidak bersemangat saya sarankan.. GO WATCH this cartoon, two thumbs up .

2 komentar:

  1. aku guuuuemezz sama arek pramuka iku lho...
    haduuuuuh lucune!!!

    BalasHapus
  2. Berikan medali penghormatan pada orang yg kita sayangi, meskipun itu terbuat dari bekas tutup botol dg sign khusus tentunya...sepertinya lebih bernilai

    BalasHapus