Jumat, 04 Januari 2013

Berinovasi di dapur mertua

Liburan tahun baru yang lalu aku dan suami memutuskan untuk menikmati long yearend di Madiun, Yup di Rumah mertua, tepatnya bukan rumah, tetapi kios bunga yang sudah sepeti rumah. Lokasinya cukup strategi di pojokan sebelah timur stadion madiun. Sedangkan rumah yang sebenarnya sekitar 5 km dari kios bunga, dan terlantar, karena kami lebih suka berada di kios ketimbang di Rumah.

Luas kios bunga bapak dan ibu kurang lebih 90 meter persegi, separuh lahannya digunakan untuk memasarkan bunga dan separuhnya lagi digunakan sebagai tepat tinggal semi permanen. Memang sekilas lahan yang digunakan untuk rumah tinggal kurang layak huni karena semua bangunannya semi permanen, tapi eits jangan salah semua fasilitas seperti layaknya rumah tersedia lengkap disana, dan disanalah suamiku dibesarkan bersama kedua adiknya. Aku sendiri sebagai penghuni baru juga merasa lebih nyaman berada di kios ketimbang di rumah meskipun tiap malam harus berperang dengan nyamuk dan juga kalau tengah malam ada panggilan alam -baca : pengen pup- suamiku harus terganggu tidurnya hanya untuk menemaniku ke singgasana yang satu itu hehe. Maklum lokasinya cukup gelap dan memang oleh bapak sengaja di pisah dari rumah utama.

3 hari di madiun membuatku memberanikan diri untuk berunjuk gigi di dapur mertua. Kebetulan bapak ada alergi dengan semua jenis protein hewani kecuali sapi, jadi aku hanya bisa membuat kue yang tidak mengandung, telur, margarin, dan bahan lain yang berasal dari protein hewani. 

- KUE MANGKOK GULA MERAH -

350 gr tepung beras
50 gr tepung terigu
1 SM ragi instant
1/2 st garam
200 gr gula merah (di sisir)
1 st soda kue
200 ml air hangat
150 ml air kelapa

- Campur tepung beras dan tepung terigu dengan sedikit air aduk hingga rata proses ini dilakukan supaya ketika di campur dengan air hangat tidak menggumpal. masukkan ragi, garam, gula merah dan air hangat aduk sampai rata selama kurang lebih 15 menit sampai semua rata. kalau menggunakan mixer tidak perlu terlalu lama . setelah tercampur rata masukkan soda kue dan air kelapa aduk hingga rata.

-siapkan kukusan, beri kain pada tutup kukusan agar uap air tidak menetes di kue. cetak di dalam cetakan roti kukus yang pendek, agar hasil kue mekar lebih maksimal dan lebih cantik. di foto ini cup yang dipakai terlalu tinggi, kalau menggunakan cup pedek pasti hasilnya lebih cute :)







2 komentar:

  1. hmmm , enak sepertinya , minta donk hehe

    BalasHapus
  2. Kita sa paghatag sa mga drugas sa pagtratar sa nagkalain-laing mga problema sa panglawas, sa paggamit sa usa ka drug nga gihatag ug ang mga liso makaayo sa mga sakit sa bug-os.

    Obat Epilepsi
    Obat Jantung Bocor Anak
    Obat Lipoma
    Obat Gerd
    Obat Herbal Alami

    BalasHapus